7. Jika NaBr larut dalam air, maka jenis gaya antarmolekul yang harus diputuskan adalah ?

7. Jika NaBr larut dalam air, maka jenis gaya antarmolekul yang harus diputuskan adalah?

A. Gaya ion-ion 
B. Ikatan hidrogen
C. Gaya ion-dipol
D. Gaya ion-ion dan ikatan hidrogen
E. Dipol-dipol
Jawaban: (D)

PEMBAHASAN


Jika senyawa NaBr larut dalam air, maka jenis ikatan antar molekul yang harus diputuskan adalah gaya ion-ion dari NaBr dan ikatan hidrogen. Na merupakan unsur logam dengan elektron valensi 1, sedangkan Br termasuk ke dalam unsur non logam dengan elektron valensi 7. Sehingga senyawa NaBr terbentuk dari serah terima 1 elektron dari Na yang membentuk Na+ ke atom Br yang membentuk Br-.

Pembentukan senyawa melibatkan 2 jenis ikatan utama yaitu:

1. Ikatan ion

Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk antara atom-atom dengan cara serah terima (melepas dan menerima) elektron. Biasanya, atom dari unsur logam akan cenderung melepas elektron valensi membentuk ion positif (kation) dan atom dari unsur non logam cenderug menerima elektron membentuk ion negatif (anion). Misalnya terjadi pada Natrium klorida (NaCl), senyawa yang terbentuk dengan ikatan ion dimana Na+ sebagai kation dan Cl- sebagai anion.

2. Ikatan kovalen 

Ikatan kovalen yakni ikatan antar atom yang terbentuk dengan cara pemakaian bersama elektron valensi oleh atom-atom penyusunnya. Air (H2O) merupakan senyawa yang terbentuk dengan ikatan kovalen dimana masing-masing atom H dan O melibatkan 1 elektron dalam pembentukan senyawa tersebut. Berdasarkan letak pasangan elektron ikatannya (PEI), ikatan kovalen terbagi menjadi 2 jenis. 

a. Ikatan kovalen non-polar merupakan ikatan kimia antar atom dengan perbedaan kelektronegatifan kurang dari 0.5 sehingga PEI terletak di tengah.

b. ikatan kovalen polar terbentuk dari atom-atom dengan perbedaan kelektronegatifan besar, sehingga PEI tertarik ke atom dengan harga kelektronegatifan besar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
google.com, pub-4600755846765378, DIRECT, f08c47fec0942fa0